Translate

Dia adalah #harapan



Rada sedih sih sebenernya nulis ini. Karena gw jadi flashback dibuatnya. About 5 years ago I had been there. Dimana gw masih make seragam Tapak Suci kebanggaan gw selama di sekolah. Terjawab sudah apa sebenarnya minat dan bakat gw ketika SMP. Gw bersyukur dulu sempat diadakan ekskul silat disekolah. At least gw punya pengalaman meskipun itu tak lama. Kenapa gak lama? iya. Kepsek gw ga dukung lagi gw ikut lomba. Juga mengingat sekolah gw adalah sekolah berasrama, udah diizinin lomba beginian aja adalah sebuah keajaiban dunia. Dan ini adalah cerita dimana mimpi gw terkubur sedalam2nya yang padahal gw bisa Go Nasional kalo misal gw terus didukung sampe akhir.

2014

Semua berjalan normal. Waktu itu gw masih polos sepolos2nya yang gw rasakan. Gw yang masih makan selalu selesai paling pertama diantara yang lain, rajin nyuci baju selepas sekolah, selalu berusaha bersikap baik dalam kondisi apapun, dan selalu mengantuk ketika baru mulai pelajaran disekolah. Meskipun masih sering ngerasa galau, tapi gak segalau ketika ini bermula. Seingat gw ekskul pertama kali ada pas semester ke dua waktu gw masih kelas 7. Gw ga pernah absen dari ekskul silat sama sekali. Bahkan gw terbilang paling rajin datang pertama kali bahkan sebelum pelatihnya datang. Memasuki semester ke tiga, pelatih gw, Pak Resi manggil gw dan temen gw (we call her Gevi) setelah ekskul berakhir. Beliau melihat potensi kami berdua karena emang bener2 bersungguh2 ketika latihan untuk melangkah ke yang lebih serius, pelaminan eh maksudnya lomba *hehe. Yang biasa dikenal Olimpiade Olahraga Siwa Nasional (O2SN). Kami diminta untuk latihan sepulang sekolah dengan beliau atau latihan mandiri kalo misal beliau berhalangan datang. Tentu saja gw bersemangat dengernya. Ini adalah kesempatan gw untuk menyalurkan bakat yang selama ini terpendam.

Keesokan harinya gw langsung mulai latihan mandiri. Oh iya gw lupa. Silat ini terbagi menjadi dua bagian yaitu, aku dan kamu = kita *eh engga dong. Ada yang namanya Fighter/Laga, dimana lombanya 1 vs 1 dan peraih poin terbanyak dia lah pemenangnya dan yang terakhir Seni, lombanya kita menampilkan 100 gerakan harus dalam 3 menit pas atau mentok boleh lebih/kurang dikit. Misal 2 menit kurang 3 detik atau 3 menit lebih 3 detik. Kenapa harus pas? karena itu adalah bagian dari pertimbangan juri. Perhitungan waktu ini sangat dipertimbangkan meskipun gerakan kita gak sebagus yang lain. Jujur, ini susah banget untuk nge pas-in waktunya karena kita harus pandai2 mengatur nafas secepat mungkin. Menurut gw ga ada yang mudah diantara kedua ini. Semuanya sama2 sulit karena yang laga udahlah bonyok kena tonjok, sesak napas pula dan yang seni, udah sesak napas, harus pas lagi waktu nya biar point nya mencukupi atau bahkan lebih kalo juri merasa puas dengan gerakan kita. Gw bahkan pernah ngerasa hampir pingsan karena ga terbiasa atur nafas. Gw manggil Gevi untuk latihan bareng. Awal2 si Gevi ini mau gw ajak walopun Pak Resi ga dateng, tapi lama kelamaan jadi males gerak kalo gak ada Pak Resi. Dan akhirnya gw latihan sendiri sambil diliatin setan *etdah. Kabar baiknya kepsek gw ngizinin untuk ikut lomba jadi semua berjalan lancar sampai di hari H.

Berhubung Gevi fisiknya bisa dibilang lemah setelah gerak (pernah hampir jatoh), jadinya terpaksa dia harus mengundurkan diri dan terpilihlah gw yang akan maju di ajang O2SN Tingkat Kota Batam 2014. Deg2an? pastilah. Namanya juga pertama kali. Sebelum tampil gw cuma modal pinjem. Mulai dari seragam, toya sampe golok semua punya pelatih gw *dasar gak modal lu :'v. Gw mulai ga kenal lelah untuk terus berlatih dan memperbaiki gerakan yang kurang bagus atau malah sering lupa. Sebenernya gw bisa aja milih tidur siang dibanding latihan yang melelahkan itu. Bagaimana tidak, tiap hari udah bangun jam 4 untuk shalat lail, setelah itu langsung mandi (karena air deras di jam segitu) abis mandi jarang banget tidur lagi karena takut telat shalat subuh (bisa dibilang gw adalah anak teladan yang hampir ga pernah telat apalagi males2an untuk ke musholla) lalu setoran hafalan dan terakhir berangkat ke sekolah. Inilah mengapa gw sering mengantuk dikelas. Tapi yang namanya niat, apapun diterjang walau badai mengadang.

Gw inget banget, hari Minggu tanggal 31 Maret 2014 adalah hari dimana lomba itu diadakan dan lokasinya tepat di depan rumah gw. Pak Resi ga bisa prediksi lawan nya ada berapa orang. Beliau mengatakan, berdoa aja semoga aja sedikit atau bahkan yang tanding cuma gw seorang jadinya udah pasti yang dimenangkan itu adalah gw seorang karena ga punya lawan. Ini membuat gw berdoa komat kamit dalem hati. Gw ditemenin guru MTK dan yang lainnya lupa siapa aja. Lumayan lama hingga giliran seni yang tampil. Bagian putra dan putri bergilir. Hingga giliran gw yang tampil. Sekali lagi, deg2an? bukan deg2an lagi, rasanya mau pura2 pingsan aja *alah lebay lu. Dengan penuh percaya diri gw maju ke matras sambil menganggap ketiga juri di depan gw adalah pohon atau batu. Pokoknya yang bisa buat gw ga grogian. Kalo grogi bisa bahaya banget dan bisa ngancurin segalanya. Karena kalo kita fokus ke groginya, bisa2 lupa gerakan atau bahkan ga fokus dan berpotensi perlengkapan seni bisa jatoh. Pokoknya kalo toya atau golok jatoh, siap2 bakalan ga menang. Udah bisa dipastikan juara 1 dari terakhir. Deng!. Bunyi gong berdengung. Saatnya gw beraksi.

Manusia tak bisa lepas yang namanya berharap pun begitu gw sendiri. Semua usaha dan keringat telah dikerahkan dan hasil-lah yang berbicara meskipun tak selamanya langsung terbayarkan. Itulah yang namanya #harapan. Selalu diucap saat pengorbanan sudah dilaksanakan dengan sepenuh hati. Setelah tampil gw tak banyak bicara. Hanya duduk dan berinteraksi dengan sekitar sambil istirahat ngambil nafas lega setidaknya udah melakukan yang terbaik meski gerakan masih hancur tak karuan. Latihan gw terbilang sangat singkat. Sekitar satu atau dua bulan setelah itu gw disuruh ikut lomba apapun bentuk gerakan gw yang penting udah dimaksimalkan. Pengumuman hasil pemenang pun tiba. Deg2an? gak usah ditanya lagi. Ini adalah awal dari kisah gw yang menyebabkan gw sempat viral disekolah hingga jajaran guru mendadak kenal gw semua. Maksudnya??. Sabar dong, bakalan diceritain nanti di akhir cerita. Juara 1 kategori seni silat putri, Adnelti Tesa Oktafiani SMPII Hidayatullah. Gw yang masih polos, hanya bisa memendam teriakan didalem hati dan cuma bisa tersenyum dengar nama gw disebut yang artinya gw bakal lanjut ke tingkat Provinsi Kepulauan Riau. Di tingkat kota belum dapet apa2. Untuk dapetin medali/sertifikat harus menang di tingkat provinsi/nasional. Dan gw menunggu bisa di posisi itu.

Udah selesai ceritanya? belum. Masih panjang kok. Kan gw mau ceritain suatu hal yang buat gw sempat viral satu sekolah.

Setelah ini juga berjalan dengan sangat normal seperti biasanya. Gw menolak mateng2 ditawarin mau singgah kerumah dulu karena lokasi gedungnya persis tepat didepan perumahan gw yang tinggal melewati penyeberangan aja. Gimana? kurang teladan apa gw? gw yaqin ga ada yang mau nolak kesempatan yang sangat emas itu apalagi gw yang dikurung di asrama selama berbulan2. Tapi entah apa yang merasuki gw sehingga lebih memilih langsung balik ke asrama tanpa bersua dulu sama rumah tercinta. Sekitar jam 12 siang acara telah usai yang menyisakan para atlet yang siap pulang kerumah masing2 kecuali gw pastinya. Perjalanannya bakalan panjang banget. Batam Centre - Tanjung Uncang memakan waktu satu jam kalo macet dan 45 menit kalo jalannya mulus2 aja. Sekitar satu bulan gw latihan lebih berat lagi bahkan saat hari minggu pun. Dan gw mulai dapet banyak dispensasi seperti dikasih kesempatan untuk pulang kerumah biar latihannya maksimal. Karena harus pake matras yang besar biar latihannya ga keganggu dengan ruangan yang sempit. Gw latihan di lokasi yang sama waktu lomba sebelumnya, tepat di depan rumah gw. Izin disekolah pun, gw dikasih keterangan 'L' yang berarti latihan. Malah gw sempet nginep beberapa malam dirumah biar gw ga bolak-balik Batam Centre - Tj. Uncang yang tergolong jauh pake banget. Kalo diingat2, ini adalah masa2 kejayaan gw selama gw idup di asrama. Ga ada yang pernah dapet kesempatan langka ini selain gw seorang. Kepsek gw terbilang baik banget. Orangnya lemah lembut. Gak seperti istrinya yang galak, suka marah2 *astaga ghibah nya muncul. Meskipun begitu, gw tetap stabil ngerjain PR, melengkapi nilai2 yang kurang. Gw ga sepenuhnya meninggalkan apa yang menjadi kewajiban gw disekolah.

 Lombanya bertepatan dengan ujian sekolah kenaikan kelas atau biasa disebut UAS. Lagi2 gw diberikan dispensasi lagi bebas memilih mau ujian dulu baru berangkat atau ujian susulan setelah selesai. Gw hanya mau mengantisipasi kalo misal tiba2 mama gw dateng di jam 8 atau sekitarnya. Jadi gw memutuskan untuk undur dulu ujiannya baru nyusul setelah ikut lomba. Jaket, baju, celana training warna biru gelap berbordirkan O2SN 2014 udah melekat di badan. Tinggal menunggu waktu gw dijemput dan berangkat. Sekitar jam 9 pagi mama gw dateng. Kami berangkat menggunakan mobil asrama dan diantarkan langsung oleh Pak Rukin, tukang masak dapur asrama. Perjalanan kali ini juga bakal jauh. Pelabuhan punggur. Entah apa yang gw rasakan saat itu, yang jelas gw baru pertama kali merasakan perjalanan ke suatu tempat itu gratis, dibayar langsung oleh pemerintah dan nginep di hotel gratis, semua serba gratis. Sesampai disana udah ada rombongan yang menunggu. Terlihat seragam O2SN melekat di setiap murid yang hendak berangkat. Ada yang hanya memakai celana trainingnya dan topinya aja, ada yang hanya memakai jaketnya aja atau bahkan gak pake sama sekali. Mungkin yang pake lengkap hanya gw sendiri. Dari jaket, kaus dalam, celana training, semuanya dipake kecuali topi. Sebagai anak yang polos dan taat pada peraturan, gw tetap pake rok sesuai apa yang gw pake selama diasrama. Dan hanya gw seorang yang anak asrama, yang lain pada sekolah di sekolah umum. Merasa asing? pasti. Gak ada yang gw lakukan selain berdiam diri menunggu instruksi dari pembimbing.

Tanjung Pinang. Sebuah pulau kecil dan kurang berkembang di banding Batam. Pulau dimana tempat papa gw kerja sebagai PNS yang kini telah pensiun. Hampir setiap liburan kami mengunjungi pulau ini. Masa2 kejayaan keluarga gw sebelum papa pensiun. Ongkos kesana waktu itu sekitar 50 ribu atau lebih. Gw lupa tepatnya berapa. Sepanjang perjalanan gw hanya berinteraksi dengan mama yang sibuk berbincang2 dengan pembimbing lainnya yang gak gw kenal. Deru mesin kapal menenggelamkan suara di setiap pembicaraan. Gw belum punya hp. Jadi hanya termenung entah apa yang dipikirkan sepanjang perjalanan. Mungkin yang gw pikirkan hanyalah mengikuti arus yang mengalir. Karena beban gw belum begitu berarti dikatakan berat. Belum ada saat itu.

Gw pikir kami bakal dijemput pake mobil khusus. Ternyata gak. Kami harus registrasi terlebih dahulu sebelum check in ke hotel. Masing2 angkot diisi sama yang ikut O2SN. Rombongan gw udah naik duluan dan gw telat alias jalannya lelet jadinya ditinggal. Well, akhirnya gw ikut rombongan yang gw pikir mereka adalah anak SMA melihat dari badan mereka yang besar2. Kami sampai di sebuah gedung yang mirip seperti jalanan villa. Sebuah hotel tapi suasananya jauh dari hiruk pikuk jalan raya. Setelah registrasi masing2 dari kami dikasih tas hitam yang berisi kaos kuning yang berbordirkan O2SN 2014. Ada yang dapet lengan panjang dan lengan pendek. Gw termasuk dapet yang lengan pendek. Setelah menunggu registrasi yang membosankan itu, kami pun digotong ke hotel yang kali ini menggunakan mobil pribadi alias minibus langsung dari hotel. Rombongan gw yang dari Batam dapet di Hotel Kaputra deket dengan Ramayana. Gw ingat banget, hotel itu liftnya lagi rusak jadi terpaksa kami menaiki tangga untuk menuju ke lantai tiga dan kunci nya masih manual. Ga papa deh, yang penting gratis! wkwkwk. Pak Resi mengatakan kalo latihannya kemungkinan dilaksanakan selama beberapa hari dan ga langsung lomba. Sebagai murid yang teladan, gw pegang erat2 instruksi beliau tanpa konfirmasi terlebih dahulu ke pembimbing yang sebenarnya, Pak Yosep (next disebut Payos). Gw yang males ngomong apalagi bertanya ini hanya mengikuti arus yang mengalir. Dasar polosan. Itulah gw saat itu. Hari itu hari sabtu sebagai hari pertama gw berada di hotel. Si pembimbing nya pun ga konfirmasi ke kami bahwasanya lomba akan diadakan keesokan harinya yang berarti di hari minggu. Entah mana yang salah dan mana yang bener gw pun bingung. Tapi menurut gw sebagai pembimbing, ga ada salahnya ngasih tau duluan ke kami.

Keesokan harinya, selesai sarapan pagi kami disuruh bersiap oleh Payos tanpa dikasih tau mau ngapain. Gw yang gak tau apa2 ini hanya mengikuti perintahnya aja. Karena yang gw ingat dari Pak Resi hanyalah latihan. Tapi seingat gw nih ya, gw udah nanya mau ngapain tapi si Payos cuma bilang, "udah pokoknya siap2 aja dulu! siapin semuanya!". Etdah. Jadinya gw ga bawa seragam untuk lomba dan hanya bawa perlengkapan seni doang seperti toya dan golok. Udah itu aja. Gw sempat heran kenapa kami ke sekolah SMP? ga ada dibilang sama sekali kalo kami bakal kesini sebelumnya. Bener2 pembimbing yang buruk. Pas masuk ke sebuah ruangan, gw kaget kenapa ada orang2 yang tampil. Apakah ini latihan? tapi kalo latihan kok ada jurinya yang duduk didepan? gw bener2 bingung dibuatnya. Dan betapa marah besarnya gw ketika tau kalo itu adalah lomba. Real bener2 lomba yang sedang berlangsung. Dengan berat hati gw mengatakan kalo gw ga bawa seragam untuk lomba lengkap dengan ikat kepala yang gw lupa apa namanya. Malah gw yang disalahin. Gw salahin balik dong siapa suruh ga ngasih tau malah nyuruh seenaknya siap2 gitu aja tanpa tau harus ngapain. Yang paling buruknya, pelatih gw, Pak Resi malah belum dateng. Ini sebelum lomba aja udah buat gw stress apalagi setelah?. Ditambah lagi si Payos ini ga ngerti seni sedangkan kalo udah giliran gw harus ada yang ngatur timernya biar ga kelewat atau bahkan kurang. Masalah datang satu persatu dan bener2 buat gw stress berat. Terpaksa gw kek orang bodo yang malah ngajarin pelatih nya dari nol apa yang harus dia lakukan ketika gw tampil. Pftttt... Aneh banget ya. Milih pembimbing sekaligus pelatih kok orang yang sembarangan gini? ga paham gw. Entah apa yang terjadi dengan Pak Resi hingga menit sebelum gw tampil dia belum kunjung dateng. Ga ada support system dari orang2 terdekat gw saat itu. Mama gak dateng karena gak tau info ini juga gw ga punya hp. Kenapa ga minjem hp si Payos itu atau roommate gw? gw ga mikir kesitu lagi karena udah stress dari sebelum lomba. Semua itu terjadi karena miskomunikasi antara gw dan si Payos itu. Alhasil perlengkapan lomba gw minjem dari orang laen yang bekas keringat itu juga jilbab dari roommate gw yang nyata banget kerasa keringetnya. Hadehh... mau jijik cuma terpaksa gw ga punya pilihan laen.

Tibalah saat nya gw tampil. Pelatih ga dateng, emak apalagi. Gw tampil tanpa ada yang mendukung. Sedih? ya jelas. Tapi bagaimanapun gw harus tampil maksimal dan melakukan yang terbaique sebisa mungkin. Gw mencoba mengontrol emosi agar gw ga lupa gerakan ditengah jalan. Dengan penuh percaya diri, gw mengerahkan seluruh skill yang gw punya setelah bunyi deng dari gong berdengung. Bisa dibilang gerakan gw paling bagus diantara lawan gw yang lainnya. Ini gw serius dan bukan bermaksud sombong. Tapi dikarenakan kekurangan waktu (2 menit 50 detik) yang artinya gw kecepatan geraknya dan saking semangatnya. Entah apa yang merasuki gw. Gw ga bisa berkata apa2 lagi setelah semuanya terjadi. Di menit terakhir sebelum gw mengakhiri gerakan sebenarnya si Payos udah bilang slow cuma entahlah kenapa gw malah ga fokus dan malah langsung lompat gitu aja ke matras menandakan gerakan telah selesai. Pikiran gw makin kacau. Selesai gerak gw marah ga karuan karena sampai detik itu ga ada yang datang satu orang pun termasuk pelatih gw. Gw nangis dan ga peduli lagi siapa aja yang ngeliatin gw diikuti dengan bantingan tas ke lantai. Emosi gw berkecamuk ga karuan. Yang buat makin emosinya, mama malah baru nelpon lewat hp roommate gw dan nyuruh gw untuk bangun dan bersiap2 untuk dateng ke lokasi lomba. Apaan2 lah ya kan. Gw baru beberapa menit yang lalu selesai tampil dan mama gw baru nelpon saat itu juga. Katanya Pak Resi baru mau otw ke tempat gw. Apa boleh buat semuanya udah terlanjur. Yang gw lakukan hanyalah marah2 mengatakan semuanya udah selesai dan sia2 lalu matiin sambungan gitu aja sambil masih ngelanjutin nangis. Harapan itu jelas telah sirna. Mungkin perjuangan gw cukup sampai disini aja. Semua air mata yang telah jatuh sudah menjelaskan betapa sakitnya kehilangan #harapan itu. Manusia hanya bisa berencana, Allah-lah yang tetap menetapkan segalanya. Sebagus apapun gerakan gw tapi tidak di barengi dengan waktu yang pas, hilanglah segalanya. Tidak akan menang walau bagaimanapun.

Ruangan telah sepi. Semua menerima bagaimanapun hasilnya. Gw ditempatkan di peringkat 4. Sangat jauh dari #harapan itu sendiri. Gw udah sejam lamanya hingga semua orang telah pulang kerumah masing2 yang hanya menyisakan rombongan kami. Agak lama setelah kejadian itu Pak Resi pun datang dan menerima kenyataan bahwa gw udah tampil duluan dan gak lolos ke tingkat nasional seperti yang gw dambakan. Lalu setelah itu mama dan kakak gw datang. Gw pergi hingga ke pojokan pagar sekolah. Masih ngelanjutin nangis. Si Payos berusaha membujuk gw beribu kali. Ingin rasanya gw tonjok dia. Jelas2 semua salahnya. Dari awal gak membangun komunikasi yang sehat dan asal nyuruh aja. Hingga ia pergi dan gantian Pak Resi yang membujuk gw, setuju dengan pendapat gw bahwasanya dialah yang salah. Tapi jelas2 dirinya juga salah karena telat datang. Gw merasa berjuang tanpa ada yang mendukung sama sekali. Benar adanya. Gw gak salah menduga.

Hari2 setelahnya gw hanya bisa menghela napas tak terhingga berapa kali. Sambil memaksa diri untuk menerima kenyataan bahwa gw ga lolos dan ga bisa berangkat ke Jakarta. Gw jalan bak mayat idup atau lebih tepatnya zombie. Gak ada lagi gelak tawa dan basa basi yang biasanya gw lakukan itu sama roommate sendiri. Yang ada gw kacangin dia sepanjang perjalanan. Yah. Dia juga tau kok gw lagi ngedown. Di hari pembagian medali sebenarnya gw ga mau ikut. Cuma karena dipaksa dengan alasan wajib ikut juga ntar malah gw ga dikasih hak nya (uang amplop), jadinya gw menghadiri acara itu. Acara yang buat gw tambah ngedown. Di tandai gw duduk paling belakang dimana deretan kosong semua ga ada yang nempatin. Well, gw ngerasa orang yang paling menyedihkan diruangan itu.

Semenjak saat itu hati gw berandai2. Seandainya gw begini seandainya gw begitu. Yah walopun ga ada gunanya lagi. Gw hanya menikmati penyesalan gw sesaat. Makin menjadi2 lah skill pendiam gw. Buat gw tambah males ngomong. Sekitar 5 hari sampe akhirnya gw pulang kerumah. 3 hari untuk acara dan sisanya bonus. Dan setelah pulang kerumah gw sempat 'ngedekem' dulu selama beberapa hari untuk melepaskan segala kekesalan dan kekecewaan yang dalam. Mau gak mau sekolah gw harus tetap berlanjut apalagi gw udah banyak ketinggalan ujian yang berarti balik ke asrama soal2 ujian udah menanti. Teman gw udah selesai ujian tinggal gw seorang yang harus ujian susulan. Dan ya, nilai gw anjlok dong. Yang sebelumnya nilai gw melonjak tinggi, kini turun drastis. Entah ranking berapa gw saat itu. Semenjak skandal itu, kepsek gw bener2 kecewa karena nilai gw turun gara2 ikut lomba. Gw ga mempermasalahkan menang atau engga nya. Cuma karena ada yang 'buat ulah' makanya gw ngedown. Pelatih gw juga mengakui bahwa, pembimbing sekaligus pelatih yang ditunjuk adalah bukan orang yang tepat sehingga terjadilah skandal yang tidak diinginkan. Layaknya orang yang sedang patah hati, seolah2 idup gw sampe disitu aja. Karena gw mesti ngulang O2SN lagi di SMA dan itu masih beberapa tahun lagi. Apalah daya seorang bocah SMP yang baru menemukan kegagalan dalam hidupnya. Hati gw bener2 galau ga karuan. Kegagalan pertama dalam hidup gw memberikan pelajaran yang berarti bahwasanya menang kalah bukan akhir dari segalanya. Melainkan awal dari cerita kehidupan yang sesungguhnya.

Guru2 yang awalnya gak kenal gw malah jadi kenal gw karena skandal ini. Gw ga paham kenapa gw mendadak jadi terkenal gini. Teman2 gw juga tau kalo nilai gw anjlok semenjak ikut lomba. Mungkin kepsek gw cerita ke guru2 lainnya atau apa gw juga ga paham. Semenjak itu semua, gw ga diizinin lagi ikut lomba sampe gw lulus. Kalo adapun gw ikut lomba, itu karena lagi libur semester aja makanya gw bisa ikut dan cuma dapet juara 2. Tapi kalo lagi disekolah jangan harap. Tahun demi tahun berlalu. Gw pun resmi lulus dari bangku SMP dan masuk SMA di sekolah yang sama dan saat itu gw milih di sekolah tahfidz. Entah apa yang merasuki gw padahal gw pengen mengulang ikut O2SN lagi. Karena itu gw jadi ga dapet izin lagi untuk bisa ikut O2SN tingkat SMA. Yah ga tau deh. Dan hingga tulisan ini ditulis, gw ga pernah ikut lomba apa2 lagi yang berbau silat atau bela diri lainnya. Tapi gw masih ingat gerakan yang pernah gw pelajari dulu. Bedanya mungkin bentuknya udah berubah dan pastinya kalo gw gerak lagi bisa dipastikan bakalan sesak napas berkepanjangan karena ga pernah latihan lagi. Dan gw berniat pengen latihan lagi. Tapi sekarang situasinya lagi pandemik corona kampret jadi gw lagi2 ga bisa mengasah kemampuan gw. Hufttt... hidup emang penuh lika liku ya. Semakin banyak kegagalan, semakin belajar bagaimana cara menghadapinya. Dan gw salah satunya yang pernah berada di masa2 terpuruk itu.

Baca juga :
Alasan gw jadi jomblo traveler
Numpang idup with Local Host
Pengalaman jadi homeless di negara 2 benua
Udah 3 tahun sejak gw ngeblog                      

2 Responses to "Dia adalah #harapan"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar