Translate

30 hari tanpa Instagram. Hasilnya?



Well, sebenarnya eksperimen pertama ini di luar rencana gw banget sih. Padahal ini cuma berawal dari gw ga sengaja nemu video seseorang di yutub yang melakukan eksperimen terhadap dirinya sendiri dimana videonya yang berjudul "I quit social media for 30 days" oleh Matt D'Avella. Dari statement nya sih menurut gw menarik banget dan gw totally agree dengan apa yang dia katakan. Tak dipungkiri lagi bahwa semua orang di dunia ini sekarang apa2 pengen ngeshare perihal apa yang mereka lakukan di real life. Bahkan tanpa sadar yang awalnya cuma iseng ngeshare, malah jadi pamer. Dan disini gw jujur bahwasanya bohong banget kalo gw ga pernah ngelakukan itu. Pastinya pernah lah. Kan gw juga manusia yang dikategorikan sebagai makhluk sosial. Nah setelah gw nonton abis videonya, gw jadi tertarik pengen nyoba juga ke diri gw sendiri. Kira2 apa dampaknya terhadap diri gw 30 hari kedepan. Apakah gw bisa bertahan without Instagram or not?. Sekarang udah tanggal 18 Mei 2020 yang artinya bakal genap 30 hari gw idup tanpa Instagram pada tanggal 20 Mei mendatang karena gw start dari tanggal 20 April. Jadi, keajaiban apa yang gw dapatkan setelah mencoba eksperimen ini?. Sebelum mulai, gw masih mau lanjut ngebahas ini dulu.

Pernah ga sih kalian ngerasa insecure cuma gegara ngeliat postingan seseorang yang terlihat bahagia? atau malah tiba2 nge down gitu aja? gausah boong. Gw yakin pasti pernah. Gw aja pernah, apalagi elo?. Nah ini nih yang gw maksud. Beberapa video yutub yang pernah gw tonton selama gw istirahat dari Instagram, ada yang mengatakan bahwa sebenarnya insecurity itu tergantung kita. Bagaimana cara kita menyikapi kalo ngeliat postingan seorang artis atau siapapun itu tanpa harus ngerasain yang namanya insecure. Tapi gw gak setuju banget sih. Emang kita bisa nge handle itu semua. Tapi harus ngerasain perasaan itu duluan. Artinya kalo udah terlanjur insecure, loe bakal susah untuk berenti ngerasain itu sampai kapanpun. Karena setiap manusia pasti bakal berada di titik itu. Ah, gw biasa aja kok, ga sampe insecure. Well, kita ini makhluk sosial bro, mustahil ga pernah ngerasain itu. Kalo sebelum2nya loe pernah bilang, gila, dia cantik banget ga kayak gw  atau  apa dayalah gw yang kek gini atau semacamnya lah. Nah itulah yang dinamakan insecurity. Dimana elo comparing yourself dengan apa yang loe liat saat itu. Gejala2 kek gini tentu aja sangat berbahaya bagi diri kita semua. Kita udah tau bahwa apa yang dipamerkan di sosmed itu hanyalah ketika orang itu ngerasa baik2 aja. Ga mungkin kan, pas dia lagi galau nge post sesuatu di akun Instagram nya?. Gw sendiri pun pas lagi galau boro2 nge post, buat insta story aja kagak. Kita semua udah tertipu dengan apa yang ditampilkan di sosmed.

Kalo ngomongin tentang dampak buruknya tentu aja banyak banget yang bisa disebutkan. Salah satunya spend time terlalu lama. Gw pernah sampe 5 jam full cuma untuk nge scroll timeline doang dan apa yang gw dapatkan? cuma cekakak-cekikik ga jelas. Belum lagi hoax yang bertebaran ditambah berita Covid 19 yang bener2 buat gw stress karena tiap hari selalu muncul. Makanya setelah gw tonton sampe abis video yang gw sebut tadi, gw auto uninstall Instagram. Emang awalnya berat. Karena gw langsung sadis mutusin 30 hari bener2 ga ada yang namanya scroll Instagram lagi. Jika elo pernah ngerasa insecure berkepanjangan, nge down tiba2 tanpa alasan yang jelas setelah ngeliat postingan/story seseorang, comparing diri elo, atau hal2 yang dampaknya negatif yang elo rasakan, selamat. Anda harus mencoba yang namanya istirahat dari sosmed. Gw hampir ga nemuin yang namanya dampak negatif setelah gw mencoba eksperimen ini. Malah gw ngerasa bener2 berada di real life sesungguhnya. Dan malah gw nge unlock sebuah skill yang ga pernah gw lakukan sebelumnya. Bener2 gw ngerasa fresh aja. Gw ga lagi ngeliat berita hoax yang kadang buat gw terpancing mau ngomentarin, gw ga lagi di buat pusing dengan berita Covid 19 yang selalu bertebaran, dan hal2 yang emang buat gw resah selama ini. Karena sejujurnya gw ga bisa selalu nge handle berbagai keresahan yang gw hadapi. Gw ga punya pilihan lain selain uninstall si Instagram untuk ngeliat apa keajaiban yang gw dapatkan. Dan inilah keajaiban itu :


1. Otak yang lebih fresh

Karena gw dijauhkan oleh hal2 yang buat gw stress atau resah, setelah ninggalin Instagram otak gw kerasa lebih seger dibanding sebelumnya. Gw jadi kebanyakan ngedengerin poadcast berfaedah untuk nambah pengetahuan gw dimana hal itu ga pernah gw lakuin sebelumnya. Youtube adalah satu2nya platform yang ngewujudin apa yang gw cari. Gw jadi tau channel Satu Persen dimana video nya berisi tentang self improvement dan tentang mental health dimana pembahasan yang paling gw minati. Ada juga channel Berilmu yang membahas seputar menjalani kehidupan yang lebih baik. Dan tak lupa gw search mengenai tips trik beasiswa untuk persiapan ke depannya. Ayolah, mulai sekarang searching lah yang berfaedah!.

2. Unlock Skill

Seperti yang gw bilang sebelumnya, skill yang gw coba adalah cara ngedit video yang baik dan benar. Dan dalam sebulan ini gw udah ngasilin 4 video yang berhasil gw edit.

3. Real Life sesungguhnya

Karena gw cape selama ini sering berada di dunia maya yang penuh dengan kepalsuan, setelah uninstall Instagram gw kembali lagi ke kehidupan yang sebenarnya. Hati gw ga panas lagi karena ga perlu ngeliat hal2 yang gak gw inginkan. Serasa separuh beban hidup ini terlepas. Pokoknya susah gw jelasin dengan kata2. Kalo penasaran mending dicoba sendiri aja.

4. Ngurangin bacotan

Gw adalah tipe orang yang suka beropini lewat kata2. Jadi jangan heran kalo hampir tiap hari gw selalu ngomentarin sebuah postingan. Dan karena itu banyak followers gw yang kabur karena mungkin ga suka apa yang gw lakuin. Well, lagian gw main Instagram bukan untuk nambah followers awalnya. Jadi gw sama sekali ga mempermasalahkan kalo ada yang unfollow gw. Who cares?. Jari2 gw berpuasa untuk gak beropinin selama 30 hari. Itung2 nahan diri untuk ga selalu ngomentarin sesuatu.


Dan ngomong2 di jaman sekarang emang susah banget kalo mau ngelakuin eksperimen ini. Gw paham kok. Tapi itu hanya berlaku untuk orang yang menjadikan sosmed sebagai ajang untuk mengembangkan bisnisnya. Lain cerita kalo kayak kita yang hanya sebatas scroll2 doang tanpa ada faedah nya kadang dan hanya untuk hiburan semata. Gw saranin kalo diantara kalian pernah mengalami gejala2 yang gw sebutkan sebelumnya, langsung aja deh uninstall Instagram. Satu2nya sosmed yang ga gw hapus yaitu cuma WhatsApp doang karena fungsinya cuma untuk sekedar chattingan jadi ga perlu di hapus. Ngerasain insecure atau comparing ourself ga bakal ada habis nya kalo masih ga bisa nahan nge stalk objek. Serius deh. Itu semua ga baik untuk kesehatan mental dan fisik kita. Jika elo sayang sama diri sendiri, maka lakukanlah eksperimen ini sewaktu2 dan rasakan keajaibannya. Ga adil banget kalo misal elo nyalahin orang yang nge posting. Nih ya, kita idup di bumi Indonesia dimana selalu berlaku yang namanya "atur diri sendiri aja ga becus, mau ngatur orang laen" sama kayak gini, "akun2 siapa, kok elo yang ngatur?" gimana? pasti elo terdiam kan?. Kita ga bisa ngatur orang laen, tapi kita bisa ngatur diri kita sendiri. Caranya? ya hapus aja Instagram kalo elo ngerasa muak. Gampang kan?.

Baca juga :
Dia adalah harapan

0 Response to "30 hari tanpa Instagram. Hasilnya?"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar