Translate

Pengalaman jadi homeless di negara 2 benua


Foto ini cukup menggambarkan betapa kedinginan (diiringi perut yang laper bet) nya gw waktu luntang lantung di Turki karena saat itu lagi winter. Jadi gini, gw dan temen gw (we call her Ani) baru nyampe di Bursa sekitar pukul 4 sore waktu Turki. Gw dan beberapa peserta IYS lainnya rencananya mau maen salju di Uludag. Sebelum ke Uludag mesti ke Bursa dulu. Gw pikir, kami fix langsung cus ke Uludag tanpa hambatan lagi karena sebelumnya gak jadi karena waktunya yang ga memungkinkan.

Di Bursa, kami ga langsung pergi ke tempat tujuan. Jadi si ketua rombongan ini (we call him Rio) nunggu temen nya dulu. Satu jam kemudian, tiba2 aja kk Ani ini uring2an karena tau2 nya kami batal lagi ke Uludag. Temen nya bg Rio bilang, kalo mau ke Uludag udah telat banget, karena tutup nya jam 6 sore dan sementara itu udah jam 5. Yeee mustahil aja kan kalo mau di paksain pun yang ada sia2. Ditambah mereka bilang kalo bg Rio ga ada bilang ke mereka kalo kami ada rencana ke Uludag sama sekali. Jadi terpaksa kami harus nginep lagi untuk kedua kalinya. Kk Ani auto emosi dong, dengan santainya dia minta balik ke Istanbul demi mengikuti kekecewaan nya itu. Gw sebagai orang yang kasianan, mencoba untuk ngajak negosiasi sebisa mungkin. Dia kesel karena itu adalah H-2 departure nya untuk balik ke Indo. It means, rencana nya bakal gagal kalo hari itu ga jadi ke Uludag. Karena H-1 dia mesti beli oleh2.

"Kak yakin mau balik? emang berani sendiri?" tanya gw memastikan.
Gw yakin dia ga bersungguh2 ngomong gitu. Karena di liat dari ekspresinya, ada rasa takut, cemas, kesel, marah, campur aduk.

Satu hal yang gw heranin, dia bilang dia paling males dan ga suka kalo rencananya ga sesuai apa yang dia inginkan. Yeee bukan lu aja kalik, orang2 di seluruh dunia juga ga suka kalo apa2 ga sesuai eskpektasi mereka termasuk gw. Ya namanya juga berombongan, apa2 harus kesepakatan bersama meskipun ga suka. Dari sini gw belajar yang namanya kedewasaan dengan menghadapi situasi kek gini. Kalo mau di bilang marah, kesel, ya pastilah. Cuma gw berusaha untuk sabar. Bisa aja kan gw ngamuk kek gorilla.

Setelah meyakinkan keputusan kk Ani, gw jadi mikir, aduh, ni anak keras kepala banget yah. Gw ga yakin dia bisa sendirian balik ke Istanbul. Yang ada kek kambing congek lagi, kebingungan. Gw bukannya sombong loh, cuma itu sesuai fakta berdasarkan gw analisis dari ekspresi wajahnya. Takut, cemas, ga yakin, dll. Gw mikir lagi, ni anak kalo di biarin sendirian yang ada tersesat lagi. Apa gw temenin aja kali ya? lagian bener juga sih. Ini rencananya ga sesuai apa yang di janjiin. Dari awal juga udah ada miskomunikasi antara kami sama bg Rio. Akhirnya, dengan segala ikhtiar mikir beribu, berulang kali, gw mutusin untuk nemenin kk Ani balik ke Istanbul dengan alasan, kasian dan ga tega. Dalem ati gw mikir, next time gw pasti bakal balik lagi ke Turki. Entah napa hati gw yaqin aja. One day. Pasti. Ga hanya berkunjung, tapi sekalian nginep selama berbulan2 disana!.

Gw nyamperin kk Ani. "Kak, aku ikut balik ke Istanbul" kata gw mantap. Kk Ani dengernya langsung terhura dan langsung meluk gw, seolah2 gw pahlawan kesorean baginya saat itu. Jujur aja, kalo gw di posisi kk Ani, gw ga segan2 pergi sendirian tanpa takut. Karena gw yakin, di setiap kesulitan Allah pasti ngasih gw berbagai keajaiban seperti bertemu dengan orang2 baik hati tanpa pamrih. Jadilah kami di anter sama bg Rio dan temen2nya untuk nyambung bus tujuan stasiun. Setelah dikasih tau nomor bus nya, setelah ini harus ngapain dan bla bla, kami pun berpisah. Oh iya, sebelum itu gw sempet cipika cipiki dulu sama yang lainnya dan ngucapin terimakasih karena beberapa diantara nya ada yang nyelametin tas gw yang berisi kamera (bisa mampus gw kenak bacok ama emak gw pulang2 ga bawa kamera karena ilang).

Sesampenya di stasiun, fix lah kami jadi orang bego yang ga tau harus kemana untuk beli tiket menuju Istanbul. Si security nya pun ga pande bahasa inggris. Makin berabe. Anyway, Turki emang dikenal dengan negara yang kemampuan bahasa inggris para warga nya itu jongkok sejongkoknya. Padahal logika nya kan Turki ini di bagian Eropa seharusnya bisa gitu kan dikit2 bagian2 dasar bahasa inggris, tapi ya gitulah. Aneh tapi nyata. Bahkan kalo di tempat2 turis seperti Sultanahmet ada pusat informasi untuk para turis, tapi kata temen gw, mereka ga ada yang bisa sama sekali. Gw mikir, itu kan 'Information for tourist' tulisannya, tapi apa gunanya kalo mereka ga pande bahasa nya para turis? sia2 gak sih?. Au ah terang. Lanjut lagi. Setelah memakai kekuatan gugel translet, barulah kami tau kemana harus pergi untuk beli tiketnya. Lumayan mahal sih menurut gw, 300 rebu lebih untuk sekali jalan selama 4 jam. Anyway, sebenernya kami mau naek kapal biar cepet karena harga tiketnya tuh sama kek naek kapal. Tapi lagi2 udah telat cuy, kapal terakhir jam 6 sementara jam 5 lewat kami masih berunding. Masalah tiket selesai, alamat untuk naik bus nya lagi kami tak tau (etdah bengal banget yak). Pokoknya selama di Turki skill nanya2 gw selalu keluar tanpa harus mandang bulu.

Gudbay Bursa, I'll catch ya again soon!




 Sebelum naek bus, sempet ada intermezzo dulu. Gw ga tau apa namanya. Pokoknya mereka mainin alat musik. Mayan ngibur hati gw yang lagi galau.


 Kami berangkat sekitar jam 7 malem yang berarti kami baru sampe di Istanbul sekitar jam 11 malem (buset, udah larut banget). Yang gw pikirkan hanyalah kami nyampe aja dulu. Urusan ke apartemen temen bg Rio gimana bakal di pikirin lagi. Di sepanjang perjalanan, gw pikir lagi keputusan gw saat itu. Apakah gw udah bener ngambil keputusan ini apa gw malah ambil keputusan bego? baru bernapas di Bursa selama sejam dan seenak jidat balik lagi ke Istanbul seolah gw idup di dunia sihir yang seenak nya bisa berpindah2 tempat. Lampu bus udah di matiin dan gw masih tetap ga bisa tidur, sialan. Dan kk Ani dengan santuy nya dia udah terlelap tak lama setelah bus melaju. Disini gw boong sih. Gw bilangnya kalo 'cukup tau aja Bursa tuh kek gimana' ke dia, tapi sejujur2nya, gw ga tegaan cuk biarin anak orang pergi ndiri tak tau arah :'(.
Gimana ga bisa tidur, gw takut tujuan kami malah kelewat kan makin repot ntar. Karena jurusan nya ga hanya satu tujuan, tepat nya gw ga tau ada berapa yang jelas tujuan kami adalah Eminonu. Jadi kesadaran harus tetap ada kalo sewaktu2 bus nya berenti. Huuuu.... selama di bus gw tidurnya tidur ayam :") setiap bus berenti gw selalu nanya ke orang "Is this Istanbul?" gitu terus di setiap pemberhentian (maklum ya kan, namanya juga ga tau) heboh sendiri nanya2. Gw ngiri sama kk Ani enak gitu tidurnya tanpa ngerasa keganggu sama sekali n tanpa dosa. Sementara gw?. Seperti itulah.

Lelah, letih, lemah tapi masih berdaya (ga lemes2 amat) yang gw rasain saat itu. Gimana gak, sebelum ke Bursa gw ga beli makan pas mampir ke sebuah restoran kecil, cuma makan cemilan yang gw bawa dari rumah untuk ngehemat bajet (juga gw pikir ga bakal lama). Jadinya gw ga ada nyentuh makanan berat gaes dari pagi :'). Bus sempat berenti di pos polisi. Gw sempet heran, ngapain coba? pertanyaan itu terjawab pas paspor para penumpang di mintain satu2 oleh driver bus nya. Rupanya pengecekan identitas cuy. Gw udah harap2 cemas aja karena mikirnya barang2 di cek lah atau apa gitu. Lumayan lama anjir -_-. Gara2 itu kami telat nyampe di tempat tujuan. Gw baru sadar bahwa pemberhentian kami adalah yang terakhir. Gw ga tau pemberhentian sebelumnya apaan. Yang penting nyampe :). Pas udah turun, seperti biasa, kami kebingungan lagi. Kami pikir emang bener2 pas di Eminonu turunnya, ternyata gak. Akhirnya nanya lagi ke sembarang orang.

"Excuse me, is this Eminonu?" tanya gw.
"This is not Eminonu". Anjir kaget dong gw. Gw jadi mikir kami salah tujuan lagi atau jangan2 salah bus kan.
"Not Eminonu? so how can I get there?"
"You should go out from here and go to marmaray (metro)"
"But Idk where it is". Gw ampir putus asa dong. Tapi untung si cowo dan teman nya ini bakal naik metro juga tapi tujuan yang beda. Akhirnya kami ngikutin mereka.

Pas nge tap Istanbul card, credit kami abis dong -_-. Jadinya nebeng kartu temennya si cowo ini. Sempet ngerasa ga enak cuk, cuma gimana lagi ya kan. Sebelum naik metro gw sempet nanya si cowo ini (bukan modus ya anjay). Dia ini dari Syria dan student di Turki ngambil jurusan bahasa inggris setelah gw kepoin napa dia lancar ngomongnya. "That's why you fluent in English" kata gw.

Kami pisah setelah dia nganterin sampe ke luar stasiun metro. Gilak banget sih, dia nganterin nya sampe sejauh itu. Padahal kami beda tujuan dan itu udah malem. Lumayan jauh loh padahal. Dan kalo mau naik metro, kudu nge tap kartu lagi. Ini adalah salah satu pengalaman berkesan gw selama di Turki. Sekali ketemu orang baik, baik nya ga ketulungan sampe di anterin segala. Tunggu dulu, ini masih berlanjut dan tentunya masih panjang. Bagi yang bosen silakan sambil dengerin lagu kaporit :p. Perjuangan tak sampe disitu, kami udah kebelet pipis apalagi gw yang udah dari sebelum nyampe ke Istanbul kebeletnya. Artinya, udah lebih dari dua jam gw nahan kencing :'). Mau tak mau harus di tahan karena itu udah ampir jam 12 malem dimana bus terakhir di jam segitu.

Bodohnya, pas sibuk nanya2 mana bus tujuan Basaksehir, kami sempat mau di bawa kabur sama stranger >_< ketauan dari ajakannya untuk pergi ke apartemen nya dan setelah itu barulah dia kasih tau tujuan kami (ini maksudnya gw ga ngerti karena komunikasinya lewat gugel translet). Goblog ga sih, ga liat apa kami ini berhijab masa seenak dengkul ngajak party?. Gw iya in aja perkataan nya seolah2 gw udah ngerti apa yang dia maksud dan langsung masuk ke bus. Ujung2nya nanya ke driver bus. Ga jelas apa yang dimaksud, gw nanya lagi ke penumpang laennya. Ntah napa, di setiap gw kebingungan (gw loh ya, ga tau orang laen) selalu ada aja yang bisa ngomong inggris dan mandu gw harus ngapain selanjutnya. Di bus gw ketemu dengan orang itu. Katanya gw datengnya tepat. Bus yang gw masukin ini adalah bus terakhir. Gosh, ga kebayang kalo seandainya kami sempetin kencing dulu. Mungkin idup kami bener2 antah berantah di tengah dingin nya cuaca Istanbul yang saat itu mencapai 3 derajat. Cowo ini ngajarin gw gimana caranya make Trafi App, aplikasi info seputar transport selama di Turki. Yang gw pikir gw udah cukup paham makenya, eh ternyata masih ada dong yang gw ga tau. Bus pun melaju kencang seperti biasanya (emang driver di Turki ni semuanya bar bar, ugal2an, ngebut ga ketulungan). Dia sempet nawarin kalo ada apa2 tanya aja. Sebenarnya banyak hal yang pengen gw tanyain. Cuma demi mengikuti rasa lelah yang luar biasa, gw mutusin untuk diem aja dan ga bisa duduk karena ga tenang belum nyampe apartemen. Gw liat lagi kk Ani, dia tidur nyenyak lagi dong :") ampun deh. Gantian kek tidurnya, gw juga cape nih. Jalan bareng tapi serasa sendirian. Karena dari awal - akhir gw aja terus yang berusaha nyari jalan keluar.

1 Jam perjalanan. Eminonu - Basaksehir. Bodohnya lagi (ya ampun) kami lupa nama pemberhentian halte deket apartemen nya itu. HOOO SHIT!!!. Dan karena tinggal kami berdua aja, driver nya turunin kami di Metrokent tempat dimana sebelumnya gw dan rombongan nyasar. De ja vu ceritanya. Driver nya ngomel2 ga karuan. Gw bilang kami ga turun disini, tapi di sini (sambil nunjukin map trafi). Driver nya bersikukuh bilang, kalo ini pemberhentian terakhir. Padahal si cowo itu bilang, kalo bus ini lewat situ. Setelah berdebat panjang kali lebar = kami tetep di usir *poor girl.
Sepi, sunyi, senyap, gelap, yang ada hanya supir taksi. Di sini sebenarnya gw udah mikir yang 'iya2' (korban sinetron) ya wajar lah, gw takut ntar malah di culik atau di sekap gitu kek di pelem2.
Untungnya masih ada taksi yang lagi nongkrong tak lama setelah kami berdiam diri. Kami naek taksi sampe ke apartemen bermodal lokasi yang di share. Di apartemen, sempet beradu argumen sama security apartemen nya. Tapi untungnya gw tau di mana tepat kamarnya berada untuk make sure bahwa kami ini ada kenalan loh, bukan homeless yang mau maling. Kami pun di anter sampe masuk ke dalem. Malah sempet salah kamar dan yang bukain anak kecil (astaga betapa malang nya si kambing congek ini). Nyampe di kamar yang bener, bel berkali2 ga di bukain dong -_-. Udah jam 1 lewat lagi. Pasrah. Hanya bisa duduk selonjor di lantai yang dingin ngin ngin pake banget. Apalagi gw mesti harus kek orang bego berdiri setiap kali lampu lorong mati. Fyi, apartemen nya kalo ga ada orang yang lewat lampu lorong nya otomatis bakal mati tanpa ada yang matiin. Jadinya gw udah kek kodok. Sebentar2 berdiri, trus duduk lagi, berdiri lagi, jalan bolak balik trus duduk lagi. Gitu aja terus ampe upin ipin wisuda.





Bener2 udah putus asa. Dari situ gw baru ngerasain yang namanya jadi homeless. Dingin banget anjir. Mana perut laper banget lagi. Kaus kaki gw ampe lembab. Gw ga bisa tidur karena kedinginan. Tiap menit gw berusaha untuk pencet bel nya. Tapi nihil. Ga di bukain :"). Entah orang yang di dalem kebo atau emang ga ada manusia nya? wallahu alam.

Saat harapan udah bener2 pupus, gw hanya bisa bertahan di tengah dingin yang menggigit kaki, tangan dan badan gw. Menggigil tak terhingga sampe gigi gw bergetar. Sejam berlalu. Jam 3 pagi. Gw ga tahan lagi. Satu2nya cara gw mencoba nge chat salah satu calon host gw, Bura. Unik nya pas gw basa basi bakal nginep di rumah nya atau ga, Bura ini udah bisa nebak apa yang terjadi sama gw. Dia tau kalo gw lagi di luar dan mendadak jadi homeless. Aneh ga tuh?. Karena gw males ngetik, berikut ss chat gw sama Bura.

tiba2 aja dia nanya gw di luar ya?





Ya ampun.. niat banget ga tuh?


finally he found a rescuer!

Istanbul wake up for me? huuuu terhura geneee gw :")))


Yeeee happy ending dong... 

Jadi begitulah teman2 cuplikan chat survival gw. Kami naek taksi ke apartemen nya Cemile (baca: Jemile) sampai sana Cemile udah nungguin kami. Tapi sayang, dia bahasa inggris nya ga lancar bahkan masih beginner gw bilang. Entah dia ngerti basa basi gw apa ga. "Maka nikmat Tuhan mana lagi yang engkau dustakan?". Ga pernah terbayangkan di benak gw bakal ada orang yang masih terjaga di waktu yang seharusnya orang2 nge-recharge energinya. Jam 4 pagi. Kami sempet di kasih makan dulu (dikasih? udah kek hewan aja). Gilak. Perut keroncongan gw akhirnya terisi (serius niqmat banget bisa makan n minum setelah seharian jalan terus) kami di sajikan makaroni rebus warna putih yang rasa nya gak karuan, butter, yoghurt dan segelas aer putih. Meskipun rasanya aneh, yang namanya laper auto abis tak tersisa :p. Cemile sibuk dengan laptopnya yang menurut gw dia adalah mahasiswa di salah satu universitas ngeliat dari buku2 tebal di samping laptopnya. Buat tugas mungkin. Karena bahasa inggrisnya terbatas, kami komunikasi lewat gugel translet. Kadang rada bolot juga sih translitnya gegara bahasa nya itu loh terlalu formal jadi kadang gw gagal paham karena ini. Selesai makan kami pamit tidur.

Bangun2 udah jam 9 pagi aja :'v. Gilak. Nikmat banget tidur gw serius deh. Nyenyak tanpa ada gangguan lagi. Pokoknya bangun2 udah sueger. Karena buru2, kami ga sempat sarapan dan gw undur diri duluan dengan alasan mau ambil barang di apartemen temen karena mau pindah tempat. Dengan berat hati gw pun pamit dan berterimakasih sebanyak2nya karena udah nolongin kami tanpa ragu dan tanpa takut karena kami ini adalah stranger. Allah bener2 nolongin gw tanpa ragu disaat gw jadi orang bego tak tentu arah :'). I'm so thankful. Yang buat gw terharu, Cemile dan mama nya terpaksa tidur di sofa karena ada kami. Aduh, tambah ga enak kan. Makanya kami nolak untuk sarapan karena pasti makan waktu yang ga sedikit.

Kesimpulannya gaes, gw ke Bursa hanya numpang lewat sambil ngeliat pemandangan nya selama sejam doang. Sefruit nasehat dari gw. If you're solo traveler, don't worry. You're not alone. Pertolongan Allah akan selalu menyertai hamba-Nya di setiap kesulitan. Gw udah buktiin sendiri.

Tanpa terasa gw nulis ini udah 4 jam lebih! dari jam 8 pagi - sekarang jam 12.40 wadawwww....
gimana menurut kalian? apakah cerita ini sangat menarique?. Beberapa hari ini gw bakal sempetin ngeshare seputar pengalaman gw di Turki. Ditunggu yaaaaa!. Jangan lupa kasih masukan di kolom komentar!. Ila liqo'!

Baca juga :
Numpang idup with Local Host
Alasan gw jadi jomblo traveler
udah 3 tahun sejak gw ngeblog

0 Response to "Pengalaman jadi homeless di negara 2 benua"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar