Translate

Alasan gw jadi jomblo traveler



Sebagai orang yang ga pernah solo traveling sebelumnya, pasti selalu ada yang namanya rasa takut, cemas dan ga percaya diri. Begitupun gw. Siapa bilang kalo perjalanan gw sebagai jomblo traveler direncanakan? Salah besar!. Malahan semua yang gw alami adalah di luar rencana dan selalu ga sesuai ekspektasi. Semua ini berawal dari seseorang (we call her Rina) yang tidak bertanggung jawab atas perkataan dan semua janji2 sampah yang dia lontarkan terhadap gw. Ya ampun, dari kata2nya aja udah emosi banget ya gw. Jelas dong. Dia menggantungkan nasib seorang bocah 19 taun di negeri antah berantah tanpa petunjuk yang jelas. Berawal dari ajakannya untuk berangkat bareng lewat wa, it means, tanggal, tempat, waktu nya pun barengan. Ini terjadi sebelum gw ngebolang sponsor di bulan oktober 2019 juga belum buat proposal nya sama sekali. Gw pikir kan, ini kesempatan gw bisa pergi barengan biar perjalanan makin menyenangkan. Tapi gw ngerasa bener2 bego banget. Gw bisa aja loh percaya sama orang yang bahkan gw belum ngeliat secara fisik. Karena gimana ya, dari cara dia nge chat tuh seolah meyakinkan dan keliatannya orang nya baik. Rupanya, Big No!. Malah sempet gw hampir kena tipu tiket murah dari dia. Serius deh, untung aja gw saat itu minta balik uang gw dengan cara gw desak terus sampe akhirnya dia transfer balik uang gw. Gimana ga sabaran, uang gw udah di keep sama dia selama 2 minggu (if i'm not mistaken) dan issued tiketnya udah gw tunggu2 belom juga dia kirimkan. Buat orang curiga ga tuh? banget lah!. Mana itu uang sponsor lagi. Setelah skandal yang hampir menimpa gw itu, gw udah jarang chat sama dia sekitaran sebulan lebih. Oh iya, kalo belum baca di post sebelumnya yang berjudul "Numpang idup with Local Host", minta tolong di baca dulu ya sebelum ini, soalnya ntar malah ga nyambung :).

Malah gw duluan yang beli tiket ketimbang dia. Gw ambil tiket di tanggal 22 Januari sesuai rencana yang dia buat dan bodoh nya gw malah ngikutin dan percaya sepenuhnya sama dia. Bullshit. Dia janjiin ke gw kami bakal patungan nyewa apartemen di Airbnb. Lagi2 gw percaya gitu aja. Goblog emang. Sampai akhirnya di bulan Desember dia seenaknya ngerubah jadwal flightnya di tanggal 16 dengan alesan pacar nya yang di Turki cuma ada waktu cuti di sekitaran tanggal segitu. Anjir. Gw langsung auto mikir. Berarti gw bakal sendirian dong berangkatnya? berbagai cara agar gw dapet temen untuk berangkat bareng. Mulai dari nanya di grup siapa aja yang berangkat di tanggal, jam dan pesawat yang sama dengan gw. Ketemu sih. Cuma kalo ga beda pesawat, ya beda jam. Adapun yang sama tanggal keberangkatannya, tapi beda pesawat. Huaaaa... ini buat gw sad banget!. Gw ampir tiap hari nge chat di grup siapa2 aja yang kemungkinan bareng sama gw. Tapi karena ga ada yang cocok sama sekali, gw udah putus asa duluan. Akhirnya dengan segala keikhlasan hati yang dalem, gw nerima kenyataan bahwa gw harus berangkat dan berjuang sendiri setiba disana. Katanya nginep apartemen bareng dia?. Ga jadi lagi dong. Karena dia sendiri saat H-1 bahkan H-jam pun gw sama sekali ga mendapatkan kejelasan mengenai dimana gw bakal nginep. Dia sengaja gitu ngaret2 reply chat gw setiap gw nanya mengenai penginapan. Tapi pas gw nanya hal laen, dia selalu cepet gitu reply nya setelah beberapa detik gw send. Mama gw udah sibuk nanyain perihal itu beribu kali dan sempat buat gw emosi karena di tanyain terus. Gw tambah ga tenang dong. Sialan. Finally, H-1 departure gw terpaksa sewa apartemen di Airbnb dengan harga 11 USD/night udah include Wifi dan breakfast. Murah? siapa bilang? definisi 'murah' hanyalah untuk orang2 yang mampu dan jujur gw ga mampu tapi karena terpaksa dan ga ada pilihan lain makanya gw nyewa apart untuk seminggu sebelum acara. Sebenernya ini ga bakal terjadi kalo misal gw ga ngikut schedule flight nya dia. Gw bisa aja kan pergi di tanggal mendekati acara seperti tanggal 24 atau 25.

Beberapa hari sebelum berangkat gw malah deg2an karena tau bakal sendirian. Gw yakin ga ada yang ngerasa deg2an selain gw karena seharusnya di momen sebelum keberangkatan pasti happy banget bisa ke Turki setelah melalui perjalanan panjang mencari sponsor. Bener ga sih?. Ada rasa seneng juga sih bakal ke Turki setelah gw berdoa komat kamit + sempat melalui masa down karena ngerasa putus asa saat berkeliling se kota Batam sambil membawa seabrek proposal tapi di tolak mentah2 atau malah kepastiannya ga jelas. Dan sekarang semua itu terbayarkan. Seharusnya loh. Seharusnya gw ngerasa senang. Apalagi gw flight pake pesawat Emirates dimana dulu gw hanya bisa ngeliat kemewahannya di yutub juga mendengar reputasi mengenai pelayanan mereka sudah di akui di seluruh dunia. Ini loh impian gw udah tercapai dan udah di depan mata!. Tapi kenapa? saat ngantri check in gw malah ngela napas tak terhitung berapa kali diiringi jantung yang berdebar2 ga karuan. Gw tegang banget saat itu. Seolah2 ada musuh bersenjata di depan gw yang bakal menghadang. Padahal itu cuma mau naek pesawat aja loh. Gw mencoba ngibur diri dengan ngerasa bersyukur karena saat itu gw akhirnya bisa numpang tidur di maskapai terkenal itu. Setidaknya gw berhasil mengusahakan apa yang ingin gw capai. Hanya cara itulah yang bisa nenangin hati gw.

"Tidak ada yang namanya semua berjalan mulus. Selalu ada hambatan seperti hal2 yang tidak diinginkan terjadi. Yang penting bukan bagaimana mengatasi itu, tapi bagaimana kita melalui nya".

Impian mustahil bener2 tercapai. Pramugari Emirates yang berbaret merah dan berselendang putih yang menggantung di kepala mereka dengan wajah unyu nya yang selama ini cuma bisa gw liat di yutub, sekarang bener2 ada di hadapan gw dengan sambutan hangat mereka di setiap penumpang yang hendak masuk pesawat. Rasa cemas gw ilang sedikit demi sedikit karena tau gw bakal transit di Dubai. Lagi2 ini. Nama Dubai bahkan gw baru tau dari temen yang dulu memuja-muji Dubai dengan segala kemewahan bangunan tingginya hingga mencapai puncak awan. Saat itu gw ga begitu tertarik apalagi berniat mengunjungi nya. Pokok nya luar negeri selain Singapur dan Malaysia adalah hal yang bener2 di luar bayangan gw saat itu. Gw jadi ga sabaran gimana nanti pas udah nyampe. Pokoknya dengan segala ke setresan gw saat itu gw ganti dengan membayangkan yang indah2 juga hal2 yang menyenangkan yang bakal gw hadapi. Gw pun bisa menikmati perjalanan dari Jakarta - Dubai selama di pesawat dengan tidur nyenyak dan nonton film.

Untuk flight pertama kali ini gw dapet kursi paling depan. 8 jam perjalanan ternyata cape juga cuma untuk duduk aja. Dan untuk pertama kalinya gw ngomong langsung sama native speaker. Deg2an? pasti!. Karena gw terpaksa menanyakan dimana colokan charger setelah gw cari2 ga ada. Terdengar sepele. Masa iya cuma mau nanya doang pake deg2an segala? tapi itulah yang gw rasakan saat itu.Terlihat di ujung sana seorang pramugara duduk menghadap penumpang bersiap mengenakan seat belt setelah memastikan semua penumpang beres dengan kerempongannya masing2. Gw nunggu waktu yang tepat untuk sekedar bertanya. Beberapa menit setelah take off, dengan segala keberanian gw nanya ke pramugara tadi.

"Excuse me, can you tell me where I can charge my phone?" pramugara itu menghampiri gw.
"Sorry?". Ga kedengeran dong. Gw ngulangin pertanyaan. Si pramugara pun sibuk melihat ke bawah kursi gw. "I'm not sure" sembari masih bingung nyari. Rupanya dia ga tau juga dong -_-.
"Alright, it's ok if you don't know".
"But I would ask" katanya lalu ninggalin gw.

Masalah charger selesai. Rupanya ada di bagian bawah kursi pas banget deket kaki. Gw pun menikmati sisa jam penerbangan. Jam 1:30 pagi masih WIB. Gw pun melepaskan penat dengan tidur.

Sekitar jam 6 shubuh waktu Dubai gw nyampe. Saat nginjekin kaki di airportnya gw mulai berdoa segalanya di mudahkan kalo kemungkinan gw mengalami kesulitan. Karena ini adalah pertama kali. Yang namanya pertama kali pasti deg2an. Gw sempetin shalat shubuh dulu di musholla nya. Perjalanan menuju toilet sebelum ke musholla terlihat wanita bercadar lalu lalang. Sempet ada yang ngucapin salam ke gw tapi lupa dimana. Tapi karena gw ngerasa asing aja, akhirnya gw cuma bisa diem dan tersenyum sambil jawabnya dalem ati. Cuma ngeliat WC nya aja udah buat gw terpukau. Sebelum gw masuk ke dalem toilet terdengar suara flush. Gw pikir tentu aja ada orang. Tapi bukan. Saat gw masuk malah disambut duluan sama flush nya. Gilak sih. Toiletnya aja udah mewah gini. Gimana kalo misal gw udah keluar dari airport?. Toilet nya 100% beda banget sama yang di Indo. Flush nya touchscreen juga jarak antara kaki toilet dan lantai tergolong jauh banget (keliatan seperti toiletnya mengambang) apalagi genangan aer nya (plis yang lagi makan atau ngerasa jiji skip aja pembahasan ini :p). Yang paling penting dari segalanya, di sediakan selang untuk cebok. Oh iya gw lupa bahwa negara ini termasuk negara Islam. Tentu aja semuanya keliatan bersih, kinclong, ga ada kecium bau sama sekali. Gw pikir di setiap waktu tertentu flush nya otomatis beroperasi agar selalu bersih. Tak lupa tempat naruh barang di sediain di dalem dan luar toilet. Ini memudahkan banget bagi para cewe yang dikenal dengan kerempongan bawa barang banyak kayak gw. Setelah itu gw pergi ke musholla. Di musholla ada ibu2 bercadar tersenyum ke gw yang gw balas pula dengan senyuman. Ternyata cewe Dubai ramah2 ya. Musholla nya nyaman banget. Di lengkapi dengan teknologi lampu auto mati kalo ga ada orang. Tinggal gw sendiri aja. Mengingat di Indo gw ga pernah nemu teknologi beginian, gw dibuatnya katrok :).



Gw bener2 ga nyesel milih Dubai sebagai tempat transit gw. Sebelum landing, gw baru tau kalo ternyata Dubai airport itu dikenal sebagai 'silent airport' dimana ga ada announcement nya sama sekali setelah gw baca di screen yang nempel di belakang kursi. Wah ini menarique. Yang buat gw terkesan di setiap ruang tunggu nya ada kursi selonjoran mirip kek kursi pantai untuk melepas penat.


Anyway, sebenernya gw pengen ke Burj Khalifa atau Burj Al Arab (icon Dubai). Tapi harus punya visa dulu kalo mau keluar dari bandara. Yaaa ga bisa dong. Uang pertama gw udah abis untuk nyewa apartemen :(.







Yang buat gw kaget, shopping mall nya buka2an banget. Kalo biasa nya di Indo toko hp yang di pajang di etalase, disana gak. Malah di pajang kek makanan gitu. Serius katrok gw liat nya. Bejejer iphone mulai dari 11 pro max sampai generasi ke bawah. Mungkin kalo ini di terapkan di Indo auto di begal yang ada :v.



Pas gw masuk, gw disambut karyawan berjas nanyain apa yang gw cari. Gw bilang cuma mau liat2 doang. Eh dia nya ngeyel malah jelasin kelebihan kamera Fujifilm yang terbaru karena gw sempet ngelirik itu. Jujur deh, cape banget dengerin ocehannya dia. Bukan karena ga paham apa yang dia omongin, dia ga sadar apa kalo tampang gw ini bak anak ilang yang tak tentu arah?. Akhir kata, gw bilang mau cari makan dulu dan mungkin gw bakal balik karena tinggal beberapa jam lagi sebelum next flight to Istanbul.

*Nyampe Istanbul
Karena pergi sendirian, emak gw bawel nyuruh bawa sweater yang bahkan warnanya gw ga suka. Gegara sweater yang ujung2nya ga kepake itu, koper gw padet kek sumo. Mengingat situasi ga memungkinkan kalo gw nenteng winter coatnya sampe nyampe di Istanbul (berat banget loh), gw lebih milih taro di koper aja. Di IST gw kembali kebingungan untuk pengambilan koper. Di tambah ternyata trolley nya mesti bayar dulu baru bisa diambil. Cape ya jadi kambing congek :(. Ginilah ribetnya international flight. Ada kode ini itu untuk informasi ngambil bagasi. Akhirnya gw tau juga dimana harus ambil bagasi setelah cek boarding pass.

Tak selesai sampai disitu, gw ga tau sebelumnya kalo Turki termasuk negara yang jongkok bahasa inggrisnya. Jadi gw pede aja nanya ke sembarang orang pas mau buat Istanbul Card. Bener2 ya. Rina tega banget ninggalin gw sendirian apalagi ga ada nawarin untuk jemput gw di airport (jahad banget ga tuh?). Gw luntang lantung sendirian dong. Cowo yang gw tanyain ga pande bahasa inggris lagi. Tapi dia tetep nolongin gw buat Istanbul Card. Yang dia tau cuma satu kata yaitu 'money'. Gw keluarin sejumlah uang. Keluarlah kartu nya dari mesin. Gw pikir kan, kalo udah ada kartunya, ya udah bisa dipake. Ternyata gak dong. Mesti isi dulu creditnya baru bisa dipake. Tapi karena kami sama2 misunderstood, gw lanjut aja setelah nanya tujuan bus gw. Di bus gw nge tap kartu. Ternyata ga bisa. Ada tanda merah gitu di tempat tap kartunya. Driver bus nya ngoceh, tukang angkat barangnya juga ngoceh. Mungkin mereka mempermasalahin gw. Serius gw disini geram banget.

"Anyone, can u speak english please???!!" kata gw geram. Gw ga tahan lagi bahasa alien itu berkeliaran di telinga gw.
"Yes, I can"

Untunglah ada bapak2 yang pande. Gw akhirnya ngikutin bapak itu untuk ngisi credit. Dari situ gw di interogasi. Sama siapa gw pergi, kenapa gw sendirian, gw nginep dimana, dll. Gw jelasin apa yang sebenarnya terjadi apa adanya. Bisa dibilang gw curhat :'). Tanpa ada permintaan, bapak itu minta alamat apartemen tempat gw nginep. Perlu diketahui, bagi kamu yang bakal ngadepin posisi kek gw, (ditinggalin, diabaikan) sedangkan elu juga ga tau apa2, gw saranin alamat, no. Hp, dll yang sekiranya perlu, lebih baik di screen shot karena ga jamin kalo jomblo traveler selalu sewa wifi apalagi yang minim bajet. Untunglah semua info seputar apartemen gw ss atas saran papa gw. Di telponin dong host apartemen nya sama bapak itu. Gw disini terhura sampe mau nangis serius deh. Begitu besarnya pertolongan Allah yang gw dapatkan di saat sulit gini. Di tambah bapak itu nyuruh host nya jemput gw di halte. Ya Allah, kurang apalagi niqmat yang gw dapatkan ini? gw berusaha nahan air mata biar ga jatuh. Baru beberapa jam gw injek kaki disana, ada aja keajaiban yang gw dapatkan. Sayangnya kami beda tujuan. Bapak itu ngarahin gw apa yang harus gw lakukan ketika sampai di halte tujuan. Gw menyimak dengan seksama. Syukurlah meskipun gw ga lancar ngomong english (karena tentunya ga terbiasa), tapi kalo masalah listening gw masih bisa nangkep apa yang dibicarakan. Saat bapak itu turun, gw sempatin bilang "Thank you so much sir, may God bless you" dan bapak itu bales "God bless you too".

Gw sebenernya ga perlu khawatir kalo misal tujuan gw kelewat. Setiap pemberhentian driver bus nya selalu neriakin nama tujuan. Setidaknya gw tau dimana tujuan gw, Fatih. Dan nama tujuan yang gw tunggu2 akhirnya di teriakin, "Faatiih" teriak driver bus. Ga mau salah informasi, gw nanya lagi, "This is Fatih?" si driver mengiyakan. Dengan berbekal jacket Hijacket cukup mengurangi dingin nya cuaca Istanbul ketika gw turun dari bus. Gw serasa lagi berada di kutub utara. Entah kenapa sebelum nyampe sini gw malah nyepelein seolah2 gw tahan dingin. Atas nama ga terbiasa, gw masih tetep aja kedinginan. Bus pun melaju meninggalkan gw seorang diri. Di luar ekspektasi banget. Gw mikir haltenya deket banget sama apart gw setelah melihat keadaan sekitar. Tak hilang akal, gw kembali bertanya ke bapak2 yang gw pikir dia bisa bahasa inggris yang ternyata ga juga. Bapak itu natap hp gw bingung. Dia balik nanya ke orang laen yang ternyata ga tau juga. Ujungnya2 dia minta nomor hp si host dan menghubunginya. Meskipun kami sama2 ga ngerti bahasa masing2, tapi dari cara ngomongnya gw paham kalo bapak itu bilang kalo si host bakal dateng jemput gw *ceritanya bahasa batin :v. Lumayan lama gw nunggu si Ozan. Keresahan gw mereda setelah setengah jam lamanya gw nunggu. Gw minta maaf karena udah ngerepotin dia sampe jemput gw ke halte segala. Karena gw ada bagasi, kami terpaksa naik taksi biar lebih simple tanpa harus naik turun tangga untuk naik tram. Huftttt... akhirnya gw bisa bernapas lega karena gw berhasil survive diri gw hingga ke titik ini. Alhamdulillah :).

Sesampe nya di apartemen. gw langsung nelpon mama untuk ngasih kabar kalo akhirnya gw berhasil nyampe apartemen berkat pertolongan manusia baik yang dikirimkan oleh Allah. Gw semangat banget ceritanya sampe ga nyadar kalo sebenarnya perbedaan waktu antara Turki dan Indo tuh lumayan jauh, 4 jam. Dan itu gw nelpon di sekitar jam 9 malem waktu Turki sementara di Indo jam 1 pagi. Selesai nelpon niat hati mau ganti baju tapi karena kelelahan gw pun ketiduran.

Dari semua cerita ini bener2 di luar ekspektasi gw. Tapi dari semua yang gw alami itu gw sadar bahwa kedewasaan gw bener2 diuji dan seberapa mampu gw untuk melalui nya. Syukurnya berkat segala doa mama gw selama di situasi survive gw berjalan lancar meskipun awalnya sulit. Terimakasih wahai kak Rina yang telah memberikan gw pelajaran ini. Gegara kakak ninggalin gw, gw jadi belajar gimana caranya mandiri tanpa harus cengeng :). May Allah always give you easiness. Amin.

Baca juga :
Numpang idup with Local Host
Pengalaman jadi homeless di negara 2 benua
Udah 3 tahun sejak gw ngeblog




0 Response to "Alasan gw jadi jomblo traveler "

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar