Translate

Numpang idup with Local Host



Sebelum ke cerita, gw jelasin dulu ni aplikasi gunanya apaan. Masih banyak yang ga tau aplikasi penyelamat ini yang bernama Couchsurfing. So far gw baru 2 kali nginep di rumah orang lokal. Katanya nih ya, berdasarkan gw search on gugel, ga afdol rasanya traveling ke luar negeri kalo ga nginep dirumah orang lokal nya langsung untuk ngenal lebih dekat mulai dari food, culture, habit, dll. Apalagi nyobain makanan khas adalah suatu fardu kifayah bagi semua para traveler. Kan bisa nyobain di restoran? iya bisa aja. Tapi lebih lokal lagi kalo ngerasain makanan yang di sajikan langsung oleh host lokal. Hmmm.. siap2 lidah bakal kaget! wkwkwk.

Jadi, ini aplikasi bertujuan untuk pertukaran budaya antara penduduk lokal dan para traveler (ini menurut pemahaman gw loh ya). Disini kita bisa jadi selaku host atau traveler atau hanya sekedar mau meet up aja juga bisa. Antara host dan traveler bisa saling nge request untuk stay atau bagi traveler bisa open trip untuk mendapatkan tawaran nge host. Awalnya gw ga tau fitur open trip ini. Untungnya gw di kasih tau gimana sih biar dapet host sama roommate gw karena sebelumnya gw cuma nge request doang dan ga ada yang nerima! wkwkwkwk :V. Dari situlah gw dapet host akhirnya.

Gw mulai nge host setelah acara IYS setelah sebelumnya nyewa apartemen di Airbnb selama seminggu n kena sejuta :') karena pas H-1 ke Turki pun, ga ada satupun host yang nerima request gw (nasib poor girl). Baru beberapa jam open trip, udah banyak banget yang nawarin. Mulai dari sekedar meet up, stay, sampe undangan untuk ke sebuah acara. Yeee gw bingung dong jadinya. Tapi prioritas gw milih yang di daerah Europe side karena gw ga tau daerah Asian side (cape nyasar terus). Yang kebetulan acara nya di selenggarakan di Europe side. Poor banget ga sih. Yang nawarin tinggal nya pada di Asia semua!!!. Gosh. Gw bawa koper gedong yang naudzubillah nya berat, ransel 10 kilo + tas sandang dan semuanya padet2!. Momok terbesar para jomblo traveler adalah bawa barang berat2. Abis gimana. Gw bawa beras sekilo, sambel terasi yang botol kaca, sepaket indomie, energen berenteng2, bumbu nasi goreng, dll *buset lu mau konferensi ato kemah?. Dua2 nya dong hehe... Karena uang gw udah terkuras untuk nyewa apartemen, sekalian aja kan bawa makanan mentah biar bisa masak di apart :). Terbukti ampuh loh, gw sebelum explore Istanbul harus masak dulu biar ntar di jalan dikit2 ga beli makan. Emang awalnya rempong, tapi kerempongan itu terbayarkan setelah semua nya kepake.

Mulai nginep setelah 'skandal di Bursa'. Numpang idup pertama kali di apartemen nya Bura setelah menimbang beratus kali. Terpaksa? banget. Udah ga ada pilihan laen. Sebenernya lebih bebas sih kalo nyewa apartemen. Cuma gw mikir mending uang nya untuk beli oleh2 aja ya kan. Karena gw sendiri tipe orang yang ga gampang berbaur gitu aja ama orang baru. Butuh waktu lama untuk terbiasa. Mungkin berbulan2. Makanya ketika gw di asrama sering di bilang jutek, cuek, bodo amat, bla bla (semua ada di gw) yaa inilah adanya gw. Ketauan banget kan kalo gw ini introvert?. Haha.. Ok lanjut. H+2 acara dengan penampilan bak anak ilang di tinggal rombongan, berbekal gugel map gw pergi ke pelabuhan untuk nyebrang di perbatasan Bosphorus. Anyway Bosphorus adalah selat yang memisahkan antara Turki bagian Eropa dan Asia. Maybe it takes about 30 menitan lah. Ga jauh2 amat. Tempat biasa turis nongki tuh di Eropa karena banyak peninggalan sejarah nya seperti bangunan yang didirikan oleh Muhammad Al Fatih yang sekarang jadi Istanbul University. Ini adalah salah satu penampakan Bosphorus.



Jadi jomblo traveler itu ga selamanya bebas yah. Karena kalo pergi ke tempat2 wisata gitu, susah mau fotonya karena ga ada yang potoin :'). Kalo sama strangers kan ga bisa jepret berkali2 juga ngerasa asing di potoin sama orang yang ga dikenal. Makanya gw selama di Turki jarang banget yang namanya foto2 *dasar poor girl. Gimana gak, dari awal perjalanan - akhir always jalan sendirian. Kok gitu? bakal gw bahas di postingan selanjut nya :p. Gw pertama kali keluar ke geladak utama kapal tangan gw beku serasa di kutub utara njir. Dingin banget!. Selama menelusuri geladak kapal tangan gw ga lepas dari saku jaket padahal gw udah pake sarung tangan loh itu. Jiwa kampungan pun meronta2 :'v.

 1. Bura
Nyampe di Asia, seperti biasa. Tampang kek kambing congek auto keluar. Celingak sana sini nyari bus tujuan halte Kosyuyolu Koprusu. Capek kek orang bodo, gw mutusin nanya ke bapak2. Selama di Turki gw kalo nanya ga pernah yang nama nya basa basi. Jadi kalo mau nanya tujuan langsung ke intinya aja seperti "Excuse me, where is (nama/bus tujuan)?" atau malah "Excuse me, (nyebut tujuan sambil nunjukin hp)?" mengingat mereka ini bahasa inggris aja ga bisa, kelamaan yang ada kalo mesti pake "Can you tell me bla bla...?". Gw pernah ketemu sampe 5 orang lebih pada ga ngerti gw ngomong apa atau gak malah di cuekin karena gw pake bahasa alien bagi mereka.
Di halte, sekitar setengah jam ada lah gw nunggu si Bura ini. Entah apa yang di kerjakan nya. Padahal gw udah bilang kalo datengnya kalo gak pagi ya siang. Yang ditunggu2 pun datang setelah gw nunggu sejam kemudian. Bura menghampiri gw dengan wajah kusutnya (ketauan kalo belum cuci muka) dan sempat cipika cipiki dulu.

Selama disana jangkauan gw hanya seputar apartemen - Mall - Uskudar - apartemen. Gitu terus. Efek bawa barang berat jadinya gw setiba di apartemen Bura jadi kebanyakan istirahatnya. Pernah gw seharian di kamar doang rebahan + tidur. Kaki gw udah mati rasa (saking sakitnya udah ga kerasa lagi kalo pegel banget) akibat 'skandal di Bursa'. Gila sih. Itu bener2 nguras energi dan pikiran gw. Hari pertama gw sempet jalan dulu sama temen ke Ortakoy.

Gw lupa nama masjid nya apaan
Fatih Bridge

 Serius. Ini foto ga sengaja di cekrek






Di hari selanjutnya gw ngabisin dengan bolak balik ke Uskudar doang. Karena hanya tempat itu yang gw ketahui keberadaan nya, soalnya udah lelah mau explore tempat lain lagi. Di tambah sepatu gw udah lepas di bagian tapak nya sebagian karena sepatu satu lagi bahannya kain, mustahil gw pake yang ada ntar basah. Sempet singgah ke Mall nya yang lumayan besar. Gw peratiin di setiap mall di sana, kudu ngelewatin X ray dulu baru boleh masuk. Bisa di bilang masalah keamaan lumayan ketat.




Penampakan dari luar

Karena Bura ini adalah orang yang super sibuk, kami baru sempet makan malam bareng di hari ke 3 - seterusnya. Ini adalah momen yang buat gw kikuk sebenernya. Apa tak iya. Ada anak kos cewe yang namanya Hazel dari Maroko dan Bura selalu ngajak pacarnya pas dinner. Karena gw orang yang super asing +++ ketemu orang baru, gw basa basi seadanya doang. Pas mereka nyiapin makan malam gw nawarin bantuan tapi mereka malah nolak. Jadinya gw ga tau dong mau ngapain selain sok2 main hp karena kecanggungan yang luar biasa. Bura bilang kalo mereka tuh udah kek keluarga. Jadi apa2 di kerjain bareng2. Mungkin karena ada gw kali ya :p. Kata gugel sih emang orang Turki itu senang nerima dan menjamu tamu. Kalo kamu ngunjungin beberapa toko, jangan heran kalo mereka nawarin minum teh karena bagi mereka teh adalah simbol keramahan. Ini nih yang buat gw kaget. Mereka kalo setiap makan ga lepas sama yang namanya yoghurt. Spaghetti campur yoghurt. Ada yang pernah nyoba?. Serius awal2 lidah gw kaget banget karena rasanya aneh!!. Yoghurtnya tuh beda banget sama yang kek di Indo. Disana yoghurtnya kental gitu kek susu kental manis tapi agak cair dikit. Gw sebenernya rada eneg makannya. Cuma sebagai orang Indo yang dikenal dengan 'ga enakan nya', ya gw paksa abisin dong >_< sambil setiap suap itu sembari gw minum cola karena mereka ga nyediain aer putih.



Hari Rabu. Hari dimana seharusnya gw pamit dari apartemen Bura. Cuma gegara satu permintaan dari Bura kalo dia mau gw masak masakan Indo. Jiwa ga enakan gw keluar lagi lah. Gw mikir. dia nya udah ngasih gw kehidupan dengan suka rela biarin gw bernapas di apartemen nya selama beberapa hari, masa di suruh masak aja gw ga mau?. Jadi rencana nya tuh mau balik ke Eropa terus nginep di apartemen nya Baris dimana gw nginep sebelumnya. Biar gw leluasa gitu loh nyari oleh2nya sama temen gw selama 2 hari itu. Dengan berat hati gw tunda sehari lagi untuk angkat kaki.
Foto di bawah ini adalah makanan unique yang Bura sajikan selama gw numpang.



Ini adalah makanan tercocok di lidah gw yang pernah gw cobain selama disana. Jadi ini kentang yang di campur sama telur, garem, sosis, dan yang lainnya gw ga tau. Gak ada nama. Cuma kreasi dia sendiri katanya.

Manti

(baca: Mante). Makaroni rebus di campur saus tomat yang rasa nya asem. Gw bisa bilang Manti ini sukses buat gw pengen muntah. Rasanya tuh hambar ga karuan, aneh, campur aduk deh. Cara curang gw untuk ngabisin nya yaitu setiap suap telen nya sambil minum cola. Kan ga enak dong kalo bersisa. Satu hal yang gw tekanin, disini jangan coba2 kebanyakan basa basi deh. Kalo ga mau, ya bilang aja ga mau. Kalo ga suka apalagi. Gw di tawarin kopi sama cola. Ditanya, suka kopi gak? sama suka cola gak? dan bodohnya dua2nya gw jawab 'sedikit'. Alhasil dua2nya di sajikan dong. Goblog ga tuh? masa semua kudu gw abisin sih?. Dengan segala hormat, gw bener2 abisin semua nya kecuali kopi :') karena perut serasa mau meledak.

>_<

Hari Kamis. Kami belanja bahan2 di minimarket deket apart. Gw masak yang simpel2 aja. Nasi goreng! wkwkwkw. Masuk minimarket gw kaget lagi -_-. Rempah2nya GEDE SEMUA ANJAY!. Mulai dari cabe yang gede banget (yang sebenernya itu adalah pepper mereka sebut, rasanya manis kek air semangka), bawang putih (ini juga sebenernya bukan bawang putih seperti yang gw pikirkan, tapi bawang bombay). Ujung2nya bahan2 yang gw butuhkan hanya beras doang :).




Nasi goreng ala2 pun jadiii   

 

Berubung nasi nya tuh lengket2 kayak lem, nasgor nya bukan lagi jadi nasgor. Malah jadi nasi lengket. Gw klarifikasi ke mereka kalo sebenernya nasgor tuh gak kek gini loh. Ini karena pake beras Turki aja.

Arap maklum, hp kentang :)

Yesss... akirnya selesai juga hutang masak gw :).

2. Esra
Bisa di bilang, gw ga di ajak kemana2 karena Bura sibuk sama bisnisnya. Makanya gw kesitu2 aja selama disana. Gw balik ke Eropa. Sebelum ke apartemen Esra, gw sempetin dulu beli seperangkat oleh2 + koper + jaket. Gw beli koper di De Facto. Lumayan murah sih, cuma 200 TL (200 x 2.300 = 400 ribuan) di banding beli di Jakarta. Nah disini sih puncak ceritanya. Temen gw (we call her Fera) dan pacarnya (we call him Topan) sebelumnya kami sempet nginep di apartemen yang sama biar enak jalan2nya bisa langsung barengan. Hari Jum'at. Kami pergi ke Eminonu Sahil untuk beli lokum sekalian Fera beliin oleh2 untuk mama nya. Kami keliling sampe sore. 



Eminonu Sahil

Disini gw dilema banget. Antara tetep stay di apart bareng mereka atau gw pindah ke apartnya Esra. Karena Esra pun saking niatnya dia nulisin satu2 bus/tram mana aja yang bisa gw tumpangin. Bener2 di tulisin satu2!. Sampe panjang banget tuh chat nya. Gila ga tuh?. Jiwa ga enakan gw kembali meronta2. Dia udah niat gitu jelasin panjang kali lebar masa tau2 gw ga jadi?. Bg Topan terang2an ngelarang gw pergi kesana. Karena Basaksehir itu jauhhhhhhhhhhhhh bangetttttttt. Jelas aja kan dilarang?. Tapi gw ga tau kenapa loh. Hati gw yang paling dalem ini (tsahhh) berkata, apa pun yang terjadi, gw harus pergi ke tempat nya Esra. Hati gw tuh keras kepala saat itu. Bener2 susah di bilangin. Mereka bilang kalo misal gw tetep stay with them, otomatis mereka juga stay bareng gw. Karena kami bisa jalan bareng lagi sebelum departure to Indo tercinta. Menjelang maghrib. Perkataan mereka bener2 buat gw dilema. Butuh waktu 2 jam biar nyampe kesana. Alasan mereka ngelarang gw karena, 1. jauh, 2. gw bawa 2 koper berat masing2 15 kg + ransel + tas selendang dan sendirian!. Ada gak yang berpikir bodoh seperti gw? seenak nya suka rela pergi sendirian tanpa ada paksaan dengan bawaan yang subhanallah nya berat.

Butuh waktu sejam akhirnya gw mutusin pergi. Padahal saat itu hujan di tambah lagi rame polisi sibuk nge blok jalan karena bakal ada pertandingan sepak bola di deket apart yang mungkin melibatkan pemain profesional makanya sampe dijaga ketat. Tak lupa senjata menghiasi lengan2 para polisi. Lebay amat dah sampe bawa senjata. Dengan yaqin gw bilang ke mereka bahwa gw beneran mau pergi demi 'menenggang' hati si calon host gw. Tapi ga hanya itu, gw ngerasa bakal ada experience yang menarique aja kalo gw nginep di apart Esra apalagi dia cewe pertama yang nawarin gw nge host (sebelumnya cowo semua yang nawarin). Mungkin itu adalah keputusan terbodoh gw selama di Turki. Siapa kali yang mau ngambil keputusan yang beresiko tinggi itu?. Akhir cerita, say good bye deh ke mereka berdua. 

Cuaca nya tambah dingin kalo hujan. Jalanan apart menurun kemudian menanjak. Pas menanjaknya, napas gw terengah2 tak terhingga sampe gw rasanya pengen pingsan aja (seriusan). Nyampe di puncak gw berenti dulu untuk minum. Bener2 sesak anjir napas gw. Jelas aja kan, bawaaan banyak gitu di bawa oleh seorang diri. Semua mata memandang gw heran. Gw udah kayak diusir aja mungkin gitu pikir mereka. Bermodal Trafi Apps, gw nunggu bus tujuan gw. Dari semua ini berarti gw udah siap apa pun yang terjadi seperti repot ngurusin koper kalo berjatuhan di bus (koper satunya rodanya patah sebelah), siap nahan ngantuk apalagi ga dapet tempat duduk. Dan beneran terjadi dong. Karena ke bar bar-an driver busnya yang membuat koper gw sering berjatuhan, gw yang ga dapet tempat duduk yang akhirnya tidur sambil berdiri selama sejam lamanya dengan kemacetan yang luar biasa. Gw bener2 nyari mati kali yah. Nyampe di halte tujuan, Esra nyuruh gw naek minibus karena satu2nya transport yang lewat daerah apartnya. Di minibus lagi2 gw berdiri lagi dong. Susah cuy nyeimbangin badan kalo ga ada pegangan. Apalagi karena hujan semua transport penuh ditambah gw makin terimpit di sudut bus + sambil chatan sama Esra yang berusaha biar gw tetep di jalur yang benar (anjay) maksudnya biar gw ga salah arah, live shareloc gw send ke Esra terus dia yang mantengin (udah kek security anjir). 

Akhirnya sampai ya Allahhhh.... Keluar2 udara dingin menyeruak nusuk badan gw. Mau tau ga suhu waktu itu? 1 derajat! *poor girl :(. Di pos security, mestilah gw di interogasi dulu dan lagi2 dia ga bisa inggris -.-. Karena cape translet2 terus, gw nelpon Esra langsung terus suruh security nya ngomong biar jelas. Entah apa yang dibicarakan, gw pun di lolosin. Apartemen nya menurut gw lumayan mewah karena terletak di tengah2 kota. Di lift gw udah di sambut sama Esra. Setiba di room apartemen gw disuruh ngelepasin apa yang melekat di badan gw sembari dia nyiapin dinner. Orang nya ramah pake banget. Banyak omong, energetic, ga bisa diem. Lumayan buat diri gw terhibur karena kekocakan ceritanya. Gw sok basa basi kenapa foto di wa nya beda banget sama yang aslinya *wkwkwkw. Selama dia nyiapin dinner, selama itulah dia ngomong ini itu yang kadang gw ga paham gegara ngomong nya ngerap anjay di tambah logat nya aksen British. Gw juga ga bosen2 nya minta diulang kalo udah kelampau ga jelas apa yang dia omongin. Satu hal yang buat gw heran, kami baru kenal tapi dia udah membeberkan cerita broken heart nya sampe gw liat mata nya tuh udah berkaca2. Gw ga tau harus nge respon apa. Karena secara gw baru kenal dia kan.  Untungnya itu berakhir saat mama dan kakak pertama beserta anak nya dateng. Suasana mulai cair lagi karena bocah2 itu ngidupin speaker keras bet. Setelah itu kami pun tidur. Anyway, Esra ini belum nikah apalagi punya anak yaa. Emang umurnya udah 26 tapi dia belum nikah loh. Siapa yang mau ngantri? *LOL.

Pagi nya. Gw sempet kebangun jam 3 karena kebelet. Gw liat ke luar jendela ternyata salju turun dong tadi malem! sh*t. Ditambah suhu nya udah turun sampe 0 derajat. Pantesan aja kan tangan gw beku ga karuan. 



*Pagi nya
Sepulang dari anterin mama nya ke airport, kami makan bersama sambil cerita ngalor ngidul. Gila kali ya. Dia ga pernah yang namanya kehabisan topik. Selalu aja ada pembahasan. Dan unik nya gw ga pernah cape dengerin cerita nya dia. Gimana gak, kan gw good listener :p. Banyak banget makanan yang dia siapin. Ada buah zaitun, meat + garem + oil, roti beserta selai nya, salad, banyaklah pokoknya. Tapi yang gw makan cuma roti, salad, meat, telur sama kacang2an. Karena gw bukan tipe suka nyobain yang aneh2.





Di jam2 terakhir sebelum cus ke bandara, gw sedih banget -.-. Karena gw pengen tinggal lebih lama hanya gara2 baru turun salju. Karena sebelumnya gw ga sempet megang salju di Uludag :( *poor girl.











Nice to see you!


Dari ocehannya, gw baru tau kalo dia ternyata mantan model selama 2 tahun. Dan adeknya bukan kayak orang Turki tapi malah keliatan kayak orang England. Gw lupa dia berapa sodara dan anak ke berapa. Di sepanjang dinding kamar nya pun, penuh sama foto2 dia, teman dan keluarganya. Juga di dapur. Di kulkas, di dinding, semua nya tertempel foto2. Ni anak keliatan banget suka selfie nya.





Esra bener2 ninggalin kesan yang begitu dalem ke gw. Gw ga jadi nyesel karena gw mikir gw salah ngambil keputusan. Perjuangan gw terbayarkan setelah ketemu sama Esra. Maksudnya gimana? kalo itu gw ga bisa ceritain disini :p. Pokoknya itu lah. Sekitar jam 5 sore gw dianter ke bus bandara pake mobil nya dia. Tau gak? ternyata ga hanya driver bus atau taksi doang yang bar bar. Si Esra ini ternyata ga ada bedanya sama mereka -.- gw sering jantungan pas dia bawa mobilnya bar bar banget. Ngebut, sambil main hp lagi. Hadeh. Sebelum berpisah kami sempet berpelukan sebagai tanda perpisahan (anjay). Ada suatu hal yang buat gw terhura sampe2 gw lupa ngucapin makasih dan ingetnya pas udah di bus (dodol). Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan. "Keluar lah dari zona nyaman, karena kita ga tau mana yang terbaik untuk kita".
- The End 

Baca juga :
Alasan gw jadi jomblo traveler 

0 Response to "Numpang idup with Local Host"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar